Kamis, 28 Februari 2013

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI KOTA SEMARANG PERIODE 2006 – 2009 (STUDI KASUS SERTIFIKASI GURU MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO)


ABSTRAKSI

Hermawan Angga Nugraha, 2011 Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru di Kota Semarang Periode 2006 – 2009 (Studi Kasus Sertifikasi Guru Melalui Penilaian Portofolio)

Kata Kunci : Sertifikasi Guru, Penilaian portofolio, Kota Semarang

Implementasi kebijakan sertifikasi guru pada periode 2006 – 2009, merupakan tahun awal penyelenggaraan kegiatan sertifikasi guru. Masih dijumpai guru yang gagal dan harus mengikuti PLPG. Jumlah guru peserta sertifikasi guru tersebut sejumlah 4.373 orang, 39,9% peserta tidak lulus. Penelitian ini mendiskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru di Kota Semarang, penulis berusaha mengidentifikasi implementasi kebijakan sertifikasi guru di kota Semarang periode 2006 - 2009, dengan studi kasus sertifikasi guru melalui penilaian portofolio. penelitian ini meneliti bagaimana Implementasi, Komunikasi, Sumberdaya, Koordinasi dan Prosedur.
Implementasi kebijakan sertifikasi guru melalui jalur penilaian portofolio periode 2006 s.d. 2009 berdasarkan regulasi yang ada, telah terlaksana dengan baik, namun guru sebagai target grup kurang memaksimalkan peluang tersebut. Adanya miskomunikasi berarti masih terdapat celah yang belum diatasi sepenuhnya oleh sumber daya yang ada, dan adanya sumberdaya yang belum optimal, menunjukkan bahwa koordinasi, serta prosedur belum dimaksimalkan. Diperlukan adanya komunikasi secara intensif, sehingga mulai dari pembuat kebijakan, aparat, dan target grup dapat benar-benar memahami maksud dikeluarkannya kebijakan sertifikasi guru, khususnya pada implementasi kebijakan sertifikasi guru di kota Semarang. Mengoptimalkan komunikasi dengan memaksimalkan tugas dan peran sumberdaya.Setelah memaksimalkan tugas dan peran sumberdaya dalam mengoptimalkan komunikasi, koordinasi juga harus dimaksimalkan agar prosedur pengimplementasian juga dapat dijalankan secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar